ARTIKEL KESEHATAN

Faktor Yang Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi

tekanan-darah-tinggi

Naiknya tekanan darah kerap tidak disadari oleh mereka yang menderita hipertensi. Tiba-tiba saja mereka mengalami pusing, atau bahkan serangan jantung akibat meningkatnya tekanan darah. Meskipun dibilang sepele, akan tetapi kondisi tersebut dapat berkembang menjadi penyakit kronis seperti stroke dan penyakit jantung. Maka dari itu, mengenali penyebab hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah hal yang penting sebagai tindakan pencegahan.

Beberapa faktor penyebab tekanan darah tinggi

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi seseorang untuk terkena tekanan darah tinggi, diantaranya adalah :

Usia
Semakin bertambahnya usia seseorang, semakin tinggi pula risikonya untuk terkena hipertensi. Hal ini karena ketika seseorang beranjak senja, maka akan cenderung terjadi pengerasan arteri yang pada akhirnya membuat tekanan darah menjadi naik.

Jenis kelamin
Tak banyak yang tahu bahwa pria lebih berpotensi terkena hipertensi dibandingkan wanita. Meskipun demikian, wanita juga harus berhati-hati dan tetap waspada akan datangnya hipertensi. Maka dari itu, terapkan selalu polah hidup dan makan yang sehat.

Kelebihan berat badan
Kondisi seperti atau bahkan berujung obesitas bisa menjadi penyebab utama naiknya tekanan darah. Hal ini karena lemak yang ada dalam tubuh dapat mengganggu sirkulasi darah.

Minuman Bersoda Dapat Mempercepat Penuaan

minuman-bersoda

Bagi anda yang gemar minum minuman bersoda, sebaiknya mulai sejak dini membatasi mengkonsumsi minuman tersebut. Hal ini karena kandungan berbagai zat tambahan yang ada di dalamnya dinilai tidak baik bagi kesehatan. Adapun kandungan yang dimaksud adalah zat pewarna, penambah rasa, zat pengawet, agen pembentuk busa, dan zat asam tambahan.

Minuman Bersoda dan Penuaan Dini

Minum sekaleng soda saja dalam sehari dinilai dapat meningkatkan risiko sindrom metabolik sebesar 48 persen. Sindrom metabolik adalah serangkaian faktor risiko diabetes dan penyakit jantung. Namun, kini efek negatif dari minuman bersoda tampaknya bertambah satu lagi. Ya, sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa minuman bersoda bisa mempercepat penuaan.

Hasil penelitian menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi dua kaleng cola sehari mempunyai perubahan DNA sel 4,6 tahun lebih tua.

Para aktivis menyalahkan minuman manis yang bisa berkontribusi terhadap kenaikan masalah diabetes tipe-2 dan obesitas, namun ini adalah yang pertama kali di mana penelitian mengaitkan antara minuman ringan dengan penuaan dini.

Insomnia? Konsumsi Makanan-Makanan Berikut Ini

sllep

Apa yang kita makan dapat mempengaruhi tidur kita. Beberapa makanan dapat membuat kita lebih mudah mengantuk, sementara yang lainnya malah dapat menyebabkan insomnia. Makanan mungkin tidak bertindak secepat obat-obatan, namun kebiasaan makan makanan yang salah juga dapat menyebabkan insomnia kronis. Makanan yang membantu kita tidur di malam hari dapat merangsang produksi dan pelepasan bahan kimia otak tertentu.

Sementara itu, makanan yang membuat kita tetap terjaga sering membuat tubuh kita terlambat untuk beristirahat. Hal ini berkat masuknya energi menjelang tidur yang dapat mengganggu siklus tidur-bangun yang normal.

Makanan yang dapat mempercepat tidur

Berikut ini ada beberapa makanan yang dapat membantu memudahkan seseorang untuk tidur. Makanan-makanan tersebut juga dapat memberikan bantuan untuk masalah insomnia yang dialami, bahkan tanpa menggunakan obat penenang sekalipun. Apa saja itu? Simak ulasannya berikut ini..

Makanan yang kaya akan kalsium

Susu merupakan salah satu minuman kaya kalsium yang baik bagi tubuh. Bahkan, susu hangat merupakan ?obat? insomnia yang sering direkomendasikan. Pertanyaannya adalah, bagaimana kalsium dapat membantu seseorang untuk tidur dengan mudahnya? Jawabannya adalah dengan meningkatkan produksi melatonin.

Melatonin adalah neurohormon yang memberikan kontribusi untuk siklus tidur-bangun. Hormon ini akan dilepas pada malam hari. Hormon antioksidan ini juga membantu menenangkan aktivitas otak dan mempermudah seseorang untuk tidur. Kalsium bukanlah satu-satunya kandungan dari susu yang memberikan manfaat untuk mempermudah tidur. Susu juga kaya akan tryptophan, sejenis asam amino yang akan dijelaskan di sesi berikutnya.

Selain susu, ada beberapa makanan lainnya yang kaya akan kalsium seperti yogurt rendah lemak, kacang almond, bayam, kubis, dan ara.

Makanan yang kaya akan magnesium

Magnesium adalah nutrisi lain yang dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang. Bahkan, para ahli kesehatan menyarankan bahwa kadar kalsium tidak boleh ditingkatkan tanpa juga meningkatkan kadar magnesium. Hal ini karena tanpa magnesium, kadar kalsium yang tinggi dapat menyebabkan pengendapan batu kalsium pada organ tubuh yang berbeda. Magnesium berperan untuk menutup saluran kalsium dari sel-sel saraf yang pada akhirnya akan mengurangi transmisi saraf. Ketika hal tersebut terjadi dalam neuron dari sistem saraf pusat, maka akan menghasilkan efek menenangkan yang dapat membantu mempermudah tidur. Apabila terjadi di luar otak, maka akan melemaskan otot-otot.

Hal ini bisa menjadi jawaban mengapa kekurangan magnesium dapat menyebabkan sindrom kaki gelisah dan kejang otot. Gerakan-gerakan tak terkendali ini dapat mengganggu tidur di malam hari dan menyebabkan insomnia. Oleh karena itu, makanan kaya magnesium dapat mendorong seseorang untuk tidur nyenyak.

katarak

Mata adalah jendela seseorang dalam melihat dunia. Meskipun demikian, terkadang kita tidak menyadari betapa pentingnya fungsi mata sampai ada masalah atau gangguan kesehatan pada mata.

Ada berbagai masalah yang dapat mempengaruhi kualitas penglihatan mata, dan salah satunya adalah katarak. Katarak bisa terjadi saat protein yang ada di dalam mata menghalangi pandangan. Katarak bisa berubah menjadi suatu kondisi yang serius, bahkan bisa menjadi salah satu penyebab umum kebutaan.

Beberapa faktor penyebab munculnya katarak

Ada beberapa faktor penyebab mengapa katarak bisa terjadi, diantaranya adalah :

Usia
Usia merupakan salah satu penyebab utama terjadinya katarak. Protein lensa pada mata akan semakin menurun seiring dengan bertambahnya usia. Selain faktor tersebut, faktor lingkungan juga bisa menjadi penyebab munculnya katarak.

Trauma mata
Trauma mata dapat mengakibatkan penebalan, pembengkakan, dan munculnya warna putih pada serat lensa. Warna putih yang terbentuk tersebut pada akhirnya bisa menyebabkan katarak.

Segera Bawa Anak Ke Dokter Bila Mengalami Diare Lebih Dari Sehari

anak

Salah satu kelompok yang sering menderita diare adalah balita. Kondisi ini biasanya ditandai dengan buang air besar lebih dari tiga kali dalam sehari serta fesesnya cair. Anak-anak rentan terhadap diare dikarenakan sistem pencernaannya masih belum sempurna sehingga mengonsumsi makanan-makanan tertentu bisa dengan mudah memicu diare.

Diare memicu dehidrasi

Walaupun terdengar sepele, namun diare yang dialami anak-anak adalah masalah yang cukup serius. Apabila mereka mengalami diare lebih dari sehari, terlebih lagi disertai demam, maka para orangtua disarankan untuk membawanya ke dokter.

Pada kondisi tersebut, risiko kematian mereka cukup tinggi. Hal ini karena ketidaktahuan orangtua yang membawa anaknya ketika diare sudah lebih dari 2 hari, bahkan ada yang sampai 10 hari dibiarkan.

Oleh sebab itu, ia menyarankan agar orangtua juga mulai menyadari tanda-tanda dehidrasi pada anak mereka. Tanda-tanda fisik yang bisa diketahui antara lain adalah anak merasa lemas, menangis namun tidak mengeluarkan air mata, dan tidak seaktif biasanya. Bahkan pada bayi, kepalanya akan terasa cekung saat diraba, dan hal ini akibat kekurangan cairan tubuh.

Berdasarkan informasi dari kidshealth.org, anak-anak lebih mudah mengalami dehidrasi dibandingkan orang dewasa, terlebih lagi saat kondisi-kondisi tertentu seperti diare, demam, dan muntah-muntah. Maka dari itu, anak-anak perlu mendapatkan banyak asupan cairan baik dari minuman atau makanan mereka. Ketika anak mengalami diare, orangtua sebaiknya mulai memberikan larutan garam dan gula untuk mengganti cairan tubuhnya.

Nyamuk bukan hanya mengganggu, namun juga bisa menjadi ancaman bagi kesehatan manusia. Hanya dengan satu gigitan saja, nyamuk bisa menularkan penyakit yang mematikan. Nyamuk sulit diberantas begitu saja, mengingat hewan ini sangat mudah berkembang biak.

Oleh sebab itu, tidak mengherankan apabila untuk Hari Kesehatan sedunia pada 7 April 2014 lalu, Kementrian Kesehatan dan WHO mencanangkan upaya pencegahan nyamuk vektor. WHO mengusung slogan “Small Bite, Big Threat” (gigitan kecil, ancaman besar) untuk mengetuk kesadaran banyak orang terkait bahaya nyamuk.

8 Alasan Menghindari Gigitan Nyamuk

Nyamuk

Bahaya Gigitan Nyamuk. Berikut ini adalah beberapa alasan ilmiah mengapa sebaiknya anda menghindari gigitan nyamuk:

  1. Menyebabkan demam berdarah
    Sekitar 50 hingga 100 juta orang di dunia diketahui menderita demam dengue setiap tahunnya. Walaupun tidak selalu fatal, namun penyakit ini menjadi salah satu penyebab kematian anak di Asia dan Amerika Latin. Demam berdarah dapat membuat seseorang mengalami perdarahan yang berbahaya. Selain itu, sampai saat ini belum ada vaksin untuk mencegah penularan penyakit ini.
  2. Menyebabkan demam chikungunya
    Gigitan nyamuk juga dapat menyebabkan seseorang mengalami demam chikungunya. Kata “chikungunya” diserap dari bahasa Tanzania yang memiliki arti “mengerut”, merujuk pada nyeri persendian yang parah. Manusia hanya mempunyai kekebalan yang sedikit saat menghadapi penyakit ini sehingga nyamuk dapat menyebarkan virus ini dengan cepat.
  3. Menyebarkan demam kuning
    Demam kuning atau yellow fever diderita kurang lebih 200.000 orang setiap tahunnya dan menyebabkan kematian hingga 30.000 orang. Penyakit ini datang pada seseorang akibat gigitan nyamuk dan belum diketahui obatnya. Setelah beberapa saat menderita sakit parah, sebagian besar penderita memang akan pulih, namun 15 persen penderita akan memasuki fase toksik, yaitu perdarahan serta organ-organ tidak berfungsi dengan semestinya.

Kasus demam kuning meningkat tajam semenjak tahun 1980-an. Hal ini disebabkan karena perubahan iklim, penurunan kekebalan, meningkatnya angka perpindahan manusia, dan penggundulan hutan. Vaksin untuk demam kuning sudah tersedia dan beberapa negara mewajibkan para pendatang atau turis untuk disuntik vaksin ini sebelum memasuki negara tersebut.

  1. Menyebarkan virus West Nile
    Walaupun penyakit west nile dibawa oleh burung, namun manusia juga dapat tertular khususnya dari nyamuk yang menggigit burung pembawa virus. Sebagian besar orang yang terinfeksi memang tidak menunjukkan gejala-gejala tertentu, namun sebanyak 20 persen mengalami demam disertai nyeri pada tubuh, sakit kepala, diare, dan mual.
  2. Penyakitnya mudah disebarkan
    Setiap orang yang terinfeksi suatu virus akibat gigitan nyamuk memiliki kemungkinan membawa virus ini ke negara lain. Sebagai contoh kasus yang terjadi pada tahun 2007 dimana seorang pria Italia kembali ke negaranya setelah berlibur dari India. Tanpa disadari, ia telah digigit oleh nyamuk pembawa virus chikungunya. Setelah kembali ke negaranya, ia mengunjungi sepupunya. Tiga bulan kemudian diketahui lebih dari 200 orang di Italia terkena penyakit chikungunya.
  3. Memperbesar risiko cacat permanen
    Lymphatic filariasis merupakan penyakit tropis yang mulai dilupakan karena memang sudah jarang terjadi. Sebenarnya, penyakit ini telah menginfeksi 120 juta orang, dan sepertiga diantaranya diketahui mengalami kecacatan. Nyamuk menyebarkan parasit yang berukuran sangat kecil pada manusia lalu akan menjadi lymphatif secara perlahan-lahan selama kurang lebih 8 tahun. Parasit ini dapat merusak ginjal dan sistem imun, serta dapat menyebabkan bengkak pada kaki, tangan, dan organ genital.
  4. Menyebarkan penyakit serius pada anak
    Salah satu penyakit yang disebarkan oleh nyamuk adalah Japanese encephalitis. Walaupun demikian, manusia tidak dapat menularkan penyakit tersebut. Japanese encephalitis telah membunuh setidaknya 10.000 orang dalam setahun dimana sebagian besarnya adalah anak-anak balita. Meskipun tidak ada obat untuk penyakit ini, namun vaksinnya telah tersedia dan terbukti efektif.
  5. Menyebarkan malaria
    Penyakit malaria dapat ditularkan melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi parasit bernama plasmodium. Penyakit ini apabila tidak diobati dengan segera, maka dapat menyebabkan komplikasi yang berujung pada kematian. Antara tahun 2000-2012 terdapat penurunan kematian akibat penyakit malaria hingga 42 persen secara global. Walapun demikian, di tahun 2012 saja setidaknya sekitar 627 ribu orang meninggal akibat malaria. Selain itu, jumlah total orang yang terinfeksi penyakit malaria menembus angka 207 juta jiwa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.